Website Resmi Remaja Islam Mujahidin Stembayo yang aktif bergerak dalam menyebar kasih sayang demi kemaslahatan umat manusia.

SMK NEGERI 2 DEPOK

Ads Here

July 3, 2016

Bagaiman ucapan selamat di hari raya


🎗 Halaqah Remais Ramadhan 🕌
(Diantara Fiqh Lebaran) 
::
Bagaimanakah Ucapan Selamat Di Hari Raya ?
.
Menanggapi daripada adanya berbagai krikitan mengenai tidak benarnya orang meng-Ucapkan Selamat dan Meminta maaf khusus di Hari Raya dari segolongan yang menyalahkan, membidahkan dan sebagainya. 
.
Benarkah salah? Ternyata Tidak benar. Menurut ulama dari golongan mereka, Syaikh Utsaimin dapat disimpulkan bahwa ucapan yang berlaku di masyarakat Muslim tidaklah salah, karena tidak ada ketentuan khusus dalam mengucapkan selamat di hari raya:

وسئـل الشيخ ابن عثيمين : ما حكـم التهنئة بالعيد ؟ وهل لها صيغة معينة ؟ فأجاب : "التهنئة بالعيد جائزة ، وليس لها تهنئة مخصوصة ، بل ما اعتاده الناس فهو جائز ما لم يكن إثماً" اهـ

Artinya: Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang hukum ucapan selamat di hari raya, apakah ada redaksi khusus? Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab: Ucapan selamat di hari raya adalah boleh. Tidak ada bentuk ucapan secara khusus. Bahkan apa yang menjadi kebiasaan masyarakat adalah boleh, selama tidak mengandung dosa"

Apakah ucapan Maaf Lahir Batin berdosa Syaikh?

 سئل فضيلة الشيخ : عن عبارة " كل عام وأنتم بخير " ؟ فأجاب بقوله : قول : " كل عام وأنتم بخير " جائز إذا قصد به الدعاء بالخير . مجموع فتاوى ورسائل العثيمين - (3 / 125)

Artinya: Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya tentang redaksi ucapan selamat "Semoga setiap tahun Anda dalam kebaikan"? Syaikh Ibnu Utsaimin menjawab BOLEH jika ditujukan untuk doa kebaikan

 (Kitab Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 3/125)

Jika ulama Salafi di Saudi membolehkan, mengapa muridnya di Indonesia menyalahkan ?

(Wallahua'lam bis shawwab)

¤monggo bisa di-Save, gunakanlah sebagai bahan pembelajaran dan bekal buat pembelajaran materi kajian selanjutnya, dan yang mau tanya perihal keislaman kapanpun kita persilakan maturnuwun. 🙏🏼

📲#Bagikan!!! #Halaqahaswaja #AyoNgaji #Neverendingdakwah #SukseskanHalaqah #Remaismujahidin #Dakwahtarbiyah
#RamadhanMubarak