Website Resmi Remaja Islam Mujahidin Stembayo yang aktif bergerak dalam menyebar kasih sayang demi kemaslahatan umat manusia.

SMK NEGERI 2 DEPOK

Ads Here

January 14, 2017

Ilmu apasih yang wajib kita pelajari.?? Apakah ilmu agama atau ilmu umum

Assalamu'alaikum wr wb saudara saudaraku yang dirahmati Allah.
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Pernah gak teman teman bingung mengenai ilmu apakah sih yang wajib kita pelajari..??? Apakah ilmu agama atau ilmu sosiologi atau apakah yang lainya?? Untuk lebih jelasnya kita bahas dibawah ini.

📌 •Wajibnya Thalabul 'Ilmi dan Ilmu Apakah yang di-Wajibkan ?• 😇
 Tahukan Antum ?
Bahwasannya Rasulullah saw bersabda :
“Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan”
🤔 Apakah Maksudnya ?
Perlu diketahui bahwa, kewajiban menuntut ilmu bagi muslim laki-laki dan perempuan ini tidak untuk sembarang ilmu, tapi terbatas (hanya) pada Ilmu Agama, dan ilmu yang menerangkan Cara Bertingkah Laku atau bermuamalah dengan sesama manusia. Sehingga ada yang berkata :
“Ilmu yang paling utama ialah ilmu Hal. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga perilaku.”
Yang dimaksud ilmu hal ialah Ilmu Agama Islam, shalat misalnya.
😊 Mengapa Ilmu Agama di-Wajibkan ?
Ya... Karena setiap orang islam Wajib mengerjakan shalat, maka mereka wajib mengetahui rukun- rukun dan sarat-sarat sahnya shalat, supaya dapat melaksanakan shalat dengan sempurna. Yaitu dengan melalui Ilmu Fiqh. Setiap orang islam wajib mempelajari/mengetahui rukun maupun shalat amalan ibadah yang akan dikerjakannya untuk memenuhi kewajiban tersebut.
 Tidak Hanya itu....!
Karena sesuatu yang menjadi perantara untuk melakukan kewajiban, maka mempelajari wasilah/perantara tersebut hukumnya wajib. Ilmu agama adalah sebagian wasilah untuk mengerjakan kewajiban agama. Maka, mempelajari ilmu agama hukumnya wajib. Misalnya ilmu tentang puasa, zakat bila berharta, haji jika sudah mampu, dan ilmu tentang jual beli jika berdagang.
😁 Apa saja Ilmu Agama Islam itu?
Tidak terbatas keilmuan di dalam Islam, pun sangatlah banyak seperti Ilmu Aqidah, Ilmu Fiqh, Ilmu Akhlaq, Ilmu Tajwid, Ilmu Tarih, Ilmu Balaghoh, Ilmu Mantiq, dan bidang ilmu yang lain yang tidak kalah pentingnya. Namun sayangnya para pencari ilmu sekarang justru lebih mengutamakan Ilmu Dunia seakan memandang Ilmu Islam seperti Fiqh, Akhlaq, Tajwid dll hanya sebagai pelengkap yang tidak penting, begitu keadaan ini terbalik, sangatlah kontras dengan Sabda Nabi.
😇 Bagaimana Memperolehnya ?
Zamanpun semakin maju menjadikan Ilmu-Ilmu Agama semakin langka, inilah yang menjadi ujian bagi umat akhir zaman untuk terus mencari Ilmu sebagai sebuah Kebutuhan bak Ikan dengan Airnya yang mana Ikan tidak akan Hidup tanpa Air, begitu pula dengan Hidup Manusia yang Kelam tanpa Ilmu yang paling tepat adalah dengan mencari sebuah Ma'had Ilmu yang berafiliasi seperti TPA, TPQ, Madrasah Diniyyah hingga Pondok-Pondok Pesantren. Datangilah beliau para Ustadz, Masyayikh, dan para Kyai kita, Hidupkan budaya Mengaji sejak dini sebelum budaya asing larut dalam diri.
📚 Referensi:
1. Kitab Ta’limul Muta’alim Thariqatta’allum, Karya Syekh Az-Zarnuji Rahimahullahuta'ala.
Wallahulmuwaffiq ila Aqwaamith Thariq, Wallahu A'lam bis Shawwab
Wassalamu'alaikum wr. wb.
•══════◎❅◎❦ ۩🕌۩ ❦◎❅◎══════•
-Halaqah Ahlussunnah Stembayo-
•══════◎❅◎❦ ۩🕌۩ ❦◎❅◎══════•
AYO SHARE !
#Hamassah#AyoNGAJ#Remaismujahidinstembayo#NeverendingDakwah
sourcepict:http://lesprivat99.com/wp-content/uploads/2015/06/Les-Privat-Mengaji-Alquran.jpg